Setelah pada pembahasan sebelumnya kita telah berhasil membuat tabel distribusi frekuensi untuk 80 data dengan menggunakan Ms Excel, maka selanjutnya kita akan mempelajari cara menghitung nilai rata-rata dari 80 data tersebut dengan menggunakan Ms Excel.

Rumus Menghitung Nilai Rata-rata

Tahap awal kita harus mengetahui rumus nilai rata-rata dimana pada pembahasan ini kita akan mencari nilai rata-rata hitung, nilai rata-rata ukur dan nilai rata-rata harmoni dengan menggunakan rumus sebagai berikut:

Rata-rata Hitung

Rata-rata Ukur

Rata-rata Harmoni

Nah, pada saat tabel frekuensi yang pada pembahasan sebelumnya sudah kita peroleh, maka tabel tersebut akan kita tambahkan kolom untuk mencari nilai berdasarkan rumus di atas, gimana siap? Perhatikan gambar berikut yaa.

Selanjutnya untuk tabel kita tambahkan kolom xi, fi dab xi dikali fi yaitu menjadi:

Kemudian kita hitung dulu nilai xi, nilai xi itu merupakan nilai tengah dari range nilai ujian, misal nilai tengah dari 31 – 40 adalah 35,5. Untuk mencari nya kan mudah tinggal di isi pada kolom dengan rumus :

=(31+40)/2

begitu juga seterusnya untuk nilai xi pada nilai 41-50, dst. Maka hasilnya dapat kita lihat pada tabel berikut. Begitu juga untuk data fi kan sudah kita hitung pada penjelasan “Cara Menghitung Data Distribusi Frekuensi Dengan Excel” sehingga diperoleh data fi yang terlihat pada tabel berikut ini.

Untuk mebuat rumus jumlah nilai fi maka dapat menggunakan rumus di ms excel sbb :

= sum(D5;D11)

kebetulan untuk nilai 2 itu berada pada kolom D dan baris 5 (range awal), kemudian untuk nilai 12 pada kolom D dan baris 11.

Selanjutkan kita hitung nilai untuk kolom xi.fi (yaitu perkalian antara nilai di kolom xi dengan nilai di kolom fi). caranya gampang hanya menggunakan rumus di ms excel :

=C5*D5

Ini artinya kita mengalikan nilai yang ada pada kolom C baris 5 di excel dengan nilai di kolom D pada baris ke 5. Kemudian untuk selanjutnya tinggal kita mengcopy pastekan saja pada kolom di bawahnya dan seterusnya.

Baru kita lakukan penjumlaah dengan menggunakan rumus (sum) seperti pada waktu menjumlahkan nilai total fi di atas.

Maka diperoleh lah data seperti di bawah ini.

 

Nah setelah kita memperoleh data di atas maka langkah selanjutnya kita masukkan rumus menghitung rata-rata hitung ke dalam exce. Dimana rumus awalnya adalah :

Pada kolom di bawah huru X yang saya warnai kuning itu kita isikan dengan rumus ms excel yaitu :

=E12/D12

dimana E12 itu adalah kolom angka 6090 dan D12 adalah kolom angka 80.

Artinya berdasarkan rumus itu adalah nilai dari total perkalian antara fi.xi di bagi dengan total fi.

Begitu juga untuk menghitung nilai rata-rata ukur dan harmoni, semoga anda dapat mencoba untuk membuatnya di ms excel.

Demikian yang bisa disampaikan apabila masih kurang paham maka dapat menonton video berikut ini.

Open chat
Butuh Bantuan?
Hai 👋
Ada yang bisa kami bantu?