Sudah saatnya sekarang kita mengonlinekan sistem informasi desa dimana saat ini sudah eranya online disemua transaksi. Tidak tertutup kemungkinan bahwa desa juga bisa kita online-kan untuk sistem informasinya dimana akan memudahkan aparatur desa dalam memberikan layanan kepada warganya.

Nah biasanya bagian keuangan desa akan bertanya berapa biaya pembuatan sistem informasi desa ini yang dapat di akses secara online. Jangan khawatir karena sekarang sudah ada komunitas yang membangun sistem aplikasi ini secara online yaitu Komunitas OpenSID yang terus mengembangkan versinya sesuai dengan tutuntan pemerintahan desa seperti data kependudukan yang disesuaikan formatnya dengan data kependudukan dan catatan sipil.

Untuk Sistem Informasi Desa OpenSID itu sendiri dapat di download secara gratis, hanya saja kalau kita ada dana lebih maka dapat kita berikan donasi kepada para pakar IT untuk keberlangsungan mereka.

Kalau aplikasi OpenSID itu sudah gratis maka sekarang aparatur desa tinggal menugaskan aparaturnya yang paham IT untuk menginstall nya di web hosting dengan menyewanya per tahun dan juga menyewa domain seperti https://namadesaanda.desa.id.

Keseimpulannya saat ini untuk webdesa yang lengkap dengan aplikasinya itu sudah murah banget yaaa.

Kalau tidak mau pusing mengurusin instalasi dan perawatannya maka aparatur desa dapat menyewa pihak ketiga untuk dijadikan administrator web nya. Gampang kan? mungkin bisa nego gaji bulanannya sesuai dengan anggaran desa yang ada.

Saat ini Jasa Muda Dot Com juga ada menyediakan jasa sebagai administratornya karena kita sudah menginstall aplikasi web ini ke https://desa.jasamuda.com

Apabila mau melihat fitur yang tersedia dari Sistem Informasi Desa OpenSID itu sendiri maka anda dapat login di https://desa.jasamuda.com/siteman dengan username = operator ; dan password = operator.

Login menggunakan :
Username = operator
Password = operator

Kalau tidak mau pusing mengelola web desa dan juga perawatannya maka gunakan aja jasa kami di Jasa Muda.

081265234441

Bagikan ke: